Senin, 12 Maret 2018 14:06 WITA

Belum Tahu? Ini 7 Perbedaan MotoGP dengan WorldSBK

Editor: Nur Hidayat Said
Belum Tahu? Ini 7 Perbedaan MotoGP dengan WorldSBK

RAKYATKU.COM - Kejuaraan balap motor terakbar saat ini adalah MotoGP dan World Superbike (WorldSBK). Pada dasarnya sama-sama menggunakan motor untuk membalap, tetapi nyatanya ada perbedaan mendasar. 

Dilansir Box Repsol, setidaknya ada tutuh perbedaan antara MotoGP dengan WorldSBK.

1. Motor

Ya, motor yang digunakan. Di MotoGP adalah motor prototype yang tidak diproduksi massal dan tidak dijualbelikan seperti motor pada umumnya. 

WorldSBK menggunakan motor besar yang memang diproduksi produsen untuk dijual dan dipakai di jalanan. Hanya saja motor itu sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk kepentingan balapan.

Belum Tahu? Ini 7 Perbedaan MotoGP dengan WorldSBK

2. Sejarah

MotoGP bermula dari kejuaraan Eropa saat perang dunia kedua kemudian berevolusi menjadi World Speed Championship di 1949. 

Beberapa kelas berdasarkan kapasitas mesin dilombakan yakni 125 cc, 250 cc, 350 cc, dan 500 cc yang kemudian ada kelas 50 cc (1962-1983) dan 80 cc (1984-1989) hingga saat ini ada Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Konsep WorldSBK dimulai di Amerika kemudian pada 1970-an menjadi FIM 750 Cup. Selanjutnya pada 1988 muncul pertama kali istilah Superbike World Championship yang dikenal hingga sekarang dengan beberapa kategori.

3. Kalender Balapan

MotoGP saat ini terdiri atas 19 seri dengan satu balapan di setiap serinya dimulai dengan sesi latihan hingga balapan di hari Minggu.

Sedangkan WorldSBK ada 13 seri dalam semusim, dengan dua balapan setiap serinya. Sama halnya MotoGP, WorldSBK juga dimulai dengan latihan, tetapi ada dua race di hari Sabtu dan Minggu.

Jadwal WorldSBK di tiap serinya dibuat agar tidak saat musim hujan sedangkan MotoGP tidak.

4. Rem

Di MotoGP sudah dibolehkan untuk penggunaan rem karbon yang saat ini semakin populer. Sedangkan World Superbike masih menggunakan rem baja yang biasa digunakan oleh motor di jalan raya.

Belum Tahu? Ini 7 Perbedaan MotoGP dengan WorldSBK

5. Produsen Ban

WorldSBK lebih dahulu menggunakan pemasok ban tunggal, Pirelli. Sedangkan pada 2009 MotoGP baru memulai menggunakan pemasok tunggal dengan Bridgestone dan sejak 2016 menggunakan Michelin.

6. Stok Motor

Untuk mengurangi biaya, juga untuk lebih memberi kesempatan kepada tim dengan budget sedikit, tiap pembalap 
WorldSBK hanya punya satu motor. 

Sedangkan di MotoGP, tiap pembalap memiliki dua motor di garasinya. Dua motor pembalap MotoGP ini untuk antisipasi andai ada kondisi tertentu misalnya hujan dan lainnya.

Belum Tahu? Ini 7 Perbedaan MotoGP dengan WorldSBK

7. Promotor

MotoGP berada di bawah Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) sejak awal berdirinya di 1949 dan ada kolaborasi dengan federasi di tiap negara dan sirkuit.

Di 1992 FIM bekerja sama dengan perusahaan Spanyol yakni Dorna Sports yang hingga sekarang menjadi promotor MotoGP, bersama dengan IRTA (asosiasi tim dan pembalap) dan MSMA (asosiasi pabrikan).

Sedangkan WorldSBK awalnya dipromosikan oleh pria Selandia baru, Steve McLaughlin, yang kemudian dimiliki oleh Flammini Group lalu saat ini sama-sama dimiliki oleh Dorna Sports.