Senin, 19 Maret 2018 08:20 WITA

Kevin/Marcus Pertahankan Gelar Juara All England

Editor: Nur Hidayat Said
Kevin/Marcus Pertahankan Gelar Juara All England
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, sukses mempertahankan gelar juara All England.

RAKYATKU.COM, BIRMINGHAM - Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, sukses mempertahankan gelar juara All England.

Berlaga di Birmingham, Inggris, Senin dini hari Wita (19/3/2018), Kevin/Marcus menang dua set langsung atas pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, 21-18 dan 21-17.

"Senang rasanya bisa merebut gelar bergengsi. Luar biasa bisa juara lagi," kata Kevin dikutip BBC Indonesia.

Marcus mengaku bahwa ia dan Kevin mencoba untuk tampil tanpa beban meski diakui tidak mudah karena datang sebagai juara bertahan. 

"Menikmati pertandingan, jangan ada tekanan. Fokus satu demi satu dan melakukan yang terbaik," ucap Marcus.

Pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi, berujar keberhasilan Kevin/Marcus mempertahankan gelar juara membuktikan bahwa keduanya memang istimewa, baik dari aspek fisik maupun mental.

"Ujian pemain itu di antaranya adalah All England. Yang lain adalah Olimpiade dan kejuaraan dunia. Kalau sudah juara All England, tingkat kepercayaan diri pasti meningkat pesat," kata Herry.

Kevin/Marcus menjadi ganda putra pertama sejak 1996 yang berhasil mempertahankan gelar juara. Prestasi ini ditorehkan oleh ganda putra legendaris Indonesia, Ricky Subagja/Rexy Mainaky.

Prestasi Kevin/Marcus meroket sejak juara di All England pada 2017. Selain sukses di Birmingham, duo ini tampil di 11 turnamen superseries dan sembilan kali masuk babak final.

Dari sembilan final, Kevin/Marcus menyabet tujuh gelar juara, yaitu di Birmingham, India, Malaysia, Jepang, Cina, Hong Kong, dan di Dubai. 

Prestasi ini memecahkan rekor yang dicatat pasangan Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong pada 2015.

Hasil Laga Lain di All England:

-Shi Yuqi juara di tunggal putra setelah mengalahkan , Lin Dan, 21-19, 16-21, dan 21-9.

-Tai Tzu Ying asal Taiwan juara tunggal putri mengalahkan pemain Jepang, Akane Yamaguchi, 22-20 dan 21-13.

-Ganda putri diraih pasangan Denmark, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen dengan mengalahkan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 21-19 dan 21-18.

-Di ganda campuran, Yuta Watanabe/Arisa Higashino juara dengan mengalahkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong, 15-21, 22-20, dan 21-16.