Senin, 09 April 2018 10:23 WITA

Tiga Pelanggaran Marc Marquez di MotoGP Argentina 2018

Editor: Mulyadi Abdillah
Tiga Pelanggaran Marc Marquez di MotoGP Argentina 2018
Sumber Foto: MotoGP

RAKYATKU.COM - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez diganjar tiga kali penalti pada balapan MotoGP Argentina, Senin (9/4/2018) WITA. Apa saja?

Pertama, insiden saat akan restart. Ia dijatuhi hukuman ride through lantaran turun dari tunggangannya akibat mesin motornya mati.

Marquez berusaha menyalakan mesinnya. Ia kembali ke tempat semula dengan cara berkendara ke arah berlawanan. Hal itu dinilai melanggar peraturan MotoGP.

"Setiap pengendara yang mengacau di grid atau yang memiliki kesulitan lain harus tetap di sepeda motor dan mengangkat lengan. Tidak diizinkan untuk mencoba menunda start dengan cara lain" dan "Pengemudi tidak boleh mengendarai sepeda motor mereka di arah berlawanan dari sirkuit, baik di trek atau di pit lane, kecuali melakukannya di bawah arahan pejabat,".

Hukuman ini dikeluarkan race director pada lap 6 dari 24. Marquez yang awalnya dari posisi 1 harus masuk ke pit dan memulai tercecer ke posisi 19.

Pelanggaran kedua yakni menyenggol Aleix Espargaro. 

Tiga Pelanggaran Marc Marquez di MotoGP Argentina 2018

Marc Marquez terus memacu motornya pasca kena penalti. Ia tampil agresif. Saat akan menyalip, Marquez menyenggol Aleix Espargaro pada lap ke-9.

Beruntung, Marquez dan Espargaro tak terjatuh. Race Director menjatuhkan hukuman turun satu posisi pada lap berikutnya.

Pelanggaran ketiga adalah menyenggol Valentino Rossi. Marquez yang tampil agresif kembali menyenggol Rossi pada Lap 21. 

Tiga Pelanggaran Marc Marquez di MotoGP Argentina 2018

Saat itu, Marquez berusaha menyalip Rossi yang berada di posisi ketujuh. Akibatnya, Rossi pun terjatuh dan kembali bangkit. 

Atas insiden itu, Marquez dijatuhi hukuman 30 detik. Meski finish di posisi kelima, atas hukuman ini Marquez di posisi 18.