Senin, 09 April 2018 11:40 WITA

Rossi The Baby Crying, Marquez The Baby Alien

Editor: Nur Hidayat Said
Rossi The Baby Crying, Marquez The Baby Alien
Valentino Rossi dan Marc Marquez.

RAKYATKU.COM, TERMAS DE RIO HONDO - Seri balapan MotoGP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (8/4/2018), menyisakan drama antara Valentino Rossi dan Marc Marquez. Waganet "ikut campur" dengan situasi keduanya.

Dalam jalannya balapan, keduanya bersenggolan empat lap menjelang finis untuk memperebutkan posisi keenam. Rossi masuk tikungan dengan sedikit melebar, tetapi berupaya kembali ke dalam. Saat itulah Marquez merangsek dan keduanya bersenggolan. 

Keduanya melebar ke luar lintasan dan Rossi terjatuh saat ban depannya menyentuh rumput. Rossi memang masih bisa meneruskan lomba setelah kejadian tersebut. Akan tetapi, dia kehilangan banyak waktu dan akhirnya cuma finis di posisi ke-19. 

Sementara itu, Marquez yang finis di posisi kelima dihukum penalti 30 detik. Penalti itu membuatnya melorot ke posisi ke-18. Penalti akibat insiden dengan Rossi adalah yang ketiga diterima Marquez dalam balapan MotoGP Argentina. 

Pebalap Repsol Honda itu sebelumnya dihukum penalti ride through karena nekat start dari grid meski sudah diinstruksikan untuk memulai balapan dari pit. Sementara pada penalti kedua, dia diminta untuk turun satu posisi akibat menyenggol Aleix Espargaro.

Usai balapan, Rossi menyebut Marquez sengaja membuatnya terjatuh. "Dia melakukannya dengan sengaja - dan itu bukan kesalahan - karena dia menunjukkan kaki, antara kaki dan sepeda motor, karena dia tahu bahwa dia tidak menabrak, tetapi Anda kecelakaan. Dia berharap bahwa Anda jatuh," ucap Rossi dikutip Crash.

Pembalap berjuluk The Baby Alien menolak anggapan Rossi itu dan menyebut apa yang terjadi di lintasan adalah murni ketidaksengajaan. "Dalam perjalanan karier saya, tak pernah sedikit pun saya berpikir bahwa (dengan sengaja membuat) seorang pembalap lain akan terjatuh. Saya selalu menghindarinya," kata Marquez dikutip Bike Sport News.

Akibat insiden tersebut, banyak warganet berkomentar di akun Twitter milik Marc Marquez. Dalam komentar tersebut banyak yang beradu pendapat.

Salah satu warganet, @Languiman bahkan berkomentar begini: "Valentino is a little baby crying since Marc arrived to MotoGP" (Bayi kecil yang menagis karena Marc Marquez tiba di MotoGP). 

Itu karena insiden Rossi dan Marquez tidak terjadi pada GP Argentina 2018 saja. Pada GP Argentina 2015, pernah terjadi senggolan antaranya keduanya.

Akan tetapi, kala itu Marquez terjatuh sementara Rossi mampu melanjutkan balapan. Selanjutnya saat GP Sepang 2015, Valentino Rossi juga terlibat insiden dengan Marc Marquez.

Saat itu Rossi yang mencoba mengejar Marquez terlihat melakukan "tendangan" ke arah The Baby Alien yang menyebabkannya terjatuh.